Personal Branding di Media Sosial

 


Di era melek digital seperti sekarang ini, penggunaan media sosial kian marak. Siapa saja dari segala usia, kapan saja, dan di mana saja sering menggunakannya. Macam media sosial pun kian banyak, antara lain: facebook, instagram, twitter, youtube, whatsaap, dan lain-lain. Alasan penggunaannya bermacam-macam. Pada awalnya hanya digunakan sebagai sarana komunitas virtual untuk berinteraksi semata. Namun, seiring berjalannya waktu alasan penggunaannya pun bermacam-macam, yaitu:

 

-          Ajang silaturahmi

Media sosial memungkinkan kita mendapat banyak teman baru dari berbagai belahan dunia. Bagi yang kehilangan kontak dengan teman-teman lama atau saudara, bisa terhubung kembali. Dengan catatan ia pun aktif menggunakan media sosial.

 

Kita juga bisa membuat grup khusus di media sosial sebagai ajang sharing sekaligus reuni dengan teman-teman yang mempunyai kesamaan minat.

 

Selain dengan teman atau saudara, media sosial juga bisa menjadi jembatan penghubung kita dengan  artis idola, rakyat dengan pemimpinnya, konsumen dengan penjualnya, dan lain-lain.

 

-          Meredam stress

Media sosial terbukti ampuh sebagai ajang meredam stress di saat kelelahan atau kejenuhan melanda. Di sela-sela melakukan kegiatan harian, di kala menunggu seseorang, atau saat perjalanan di kereta, kita bisa membuka media sosial. Di situ ditemukan segudang layanan  juga hiburan yang membuat kita merasa senang.

 

-          Sumber informasi dan ilmu

Media sosial banyak memberikan informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita. Kita pun bisa ikut berpartisipasi dengan mengesharenya kepada teman-teman.

 

-          Sekadar ikuti trend

Sebagian besar penduduk di dunia ini menggunakan media sosial. Di antara yang banyak itu, ada yang menggunakan media sosial hanya karena tak mau disebut ketinggalan zaman. Mereka sekadar ikut-ikutan yang lagi trend saja. Ada saja alasan untuk online, update status, share foto, dan sangat aktif menggunakan media sosial.

 

-          Mendapat rupiah

Rupiah pun bisa kita dapatkan dari kegiatan bersosial media dengan menjadi blogger, youtuber, influencer, jualan online, dan lain-lain. Modalnya harus senang berkarya dan kreatif.

 

Apa pun alasan penggunaannya, bersosial media seyogyanya dengan cara yang bijak dan tetap memerhatikan personal branding. Personal branding ialah cara memasarkan diri atau imej kita secara individu ke orang lain. Maka, kita harus selalu berhati-hati ketika menulis atau membagikan sesuatu di media sosial karena semua itu akan memperlihatkan personal branding (citra diri) dan kualitas diri kita.

 

Saat ini, personal branding bukan selalu menyangkut bisnis, melainkan telah meluas sebagai ajang perkenalan kemampuan, pengalaman, dan ketrampilan seseorang. Oleh karena itu tetap penting bagi kita untuk membangun personal branding. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka membangun personal branding di media sosial, antara lain:

 

-          Identitas diri

Di media sosial sebaiknya kita menggunakan nama dan foto asli bukan orang lain, misal artis atau tokoh tertentu. Ini berlaku di semua media sosial yang kita gunakan, agar nama kita mudah ditemukan dan dikenal.

Sebaiknya kita juga melakukan update profil secara berkala. Profil yang up todate akan lebih sering dilihat orang.

 

-          Cara penulisan

Usahakan menulis di media sosial dengan penulisan yang baik, rapi, sopan, menarik, dan tentu saja tetap mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Ini akan lebih disukai oleh banyak orang yang membaca postingan kita.

 

-          Bakat dan kemampuan

Tunjukkan bakat dan kemampuan kita dengan sering mempostingnya pada waktu dan media sosial yang tepat. Hal ini akan lebih efektif, tepat sasaran, dan menguntungkan.

 

-          Grup atau komunitas

Bergabung dengan grup atau komunitas yang mempunyai bakat dan minat yang sama akan menambah wawasan serta memperluas jaringan kita. Lakukan interaksi yang intensif di grup. Siapa tahu mereka akan melihat profil kita dan merekomendasikannya ke orang lain.

 

-          Ikuti akun bermanfaat

Mengikuti akun-akun bermanfaat yang sesuai dengan bakat dan minat kita sangat mendukung dalam rangka membangun personal branding di media sosial. Kita bertambah pengetahuan, wawasan, dan kita pun kian berkembang.

 

Bagaimana dengan Anda? Apa alasan Anda menggunakan media sosial? Lalu, apakah Anda telah menyadari bahwa kehadiran Anda di berbagai media sosial sangat penting untuk menyebarkan pesan kepada orang lain tentang siapa diri Anda? Anda tentu tidak ingin orang-orang di luar sana yang lebih berhasil dikenal oleh banyak orang, bukan?

 

*Tulisan ini diikursertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts