4 Alasan Mengapa Hutan Pinus Mangunan Jogja Memesona


Yogyakarta, selain terkenal dengan sebutan kota pelajar dan kota gudeg, juga menjadi destinasi wisata favorit nomor dua setelah Bali. Salah satu objek wisata yang terkenal di Jogja adalah Hutan Pinus Mangunan (Hutan Pinus Imogiri). Hampir tiap akhir pekan atau hari libur, tempat wisata yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini selalu diserbu wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Sebelumnya, Hutan Pinus Mangunan adalah sebuah hutan tandus akibat dari eksploitasi hutan beberapa puluh tahun yang lalu. Hingga akhirnya tanah tandus dengan luas sekitar 500 hektar tersebut direboisasi, tidak hanya ditanami pohon pinus tapi juga mahoni, akasia, kemiri, dan kayu putih.

Ada empat alasan yang membuat tempat wisata ini memesona dan selalu didatangi pengunjung, yaitu :

1.      Biaya Murah Meriah
Tak perlu keluarkan biaya mahal untuk berwisata disini. Cukup bayar Rp5000 untuk parkir mobil atau Rp3000 untuk parkir motor dan membayar tiket masuk lokasi Rp2500 per orang.

2.      Lokasi Strategis
Strategisnya lokasi membuat Hutan Pinus Mangunan mudah ditemukan. Jarak dari pusat kota Yogyakarta yang hanya 23 km bisa ditempuh dalam tempo tak sampai 60 menit. Kondisi jalan yang mulus serta pemandangan sepanjang perjalanan yang sangat indah dapat memesona wisatawan.

3.      Pemandangan Indah
Indahnya pemandangan yang ditunjukkan oleh rimbunnya pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi membuat suasana hutan menjadi asri, sejuk, dan tenang. Suasana seperti itu menjadikannya sebagai tempat yang menarik untuk berfoto. Bahkan ada  pasangan calon pengantin yang melakukan sesi foto prewedding di sini. Ada juga yang datang untuk sekedar menghilangkan penat setelah berkutat dengan berbagai aktivitas yang melelahkan.

4.      Fasilitas Lengkap
Fasilitas lengkap yang memanjakan pengunjung dapat dijumpai di tempat wisata ini. Seperti lokasi parkir yang luas, toilet umum, mushola, gardu pandang, panggung hiburan dengan bangku-bangku kayu bagi penonton, arena bermain untuk anak-anak, tempat duduk untuk beristirahat, warung-warung yang menjual makanan dan minuman, pemandangan menarik untuk berfoto, serta adanya persewaan hammock (tempat tidur gantung).

Selain empat alasan di atas, letaknya yang berdekatan dengan destinasi wisata lain memberi nilai tambah juga. Terdapat sekitar tujuh destinasi wisata lain yang berada di sekitar Hutan Pinus Mangunan. Hal ini menguntungkan pengunjung yang datang karena bisa sekalian menikmati beberapa tempat wisata sekaligus. 

11 komentar:

  1. Sekarang banyak ya, yang menjadikan hutan pinus sebagai tempat wisata. Di Bandung juga, ada Mbak. Harga tiketnya pun sama murahnya. Asik, ya...bisa berwisata ke tempat yang murah tapi pemandangannya indah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Nurul Fitri Fatkhani sudah mampir di sini.Maaf baru bales sekarang. Iya ya..seneng banget kalau ada tempat wisata murmer dan menyegarkan baik jiwa maupun raga semacam ini.Kapan-kapan kalau ke Bandung mau mampir juga aaaah...

      Hapus
  2. Whuaa Jogja emang udah gak diragukan lagi ya sbg destinasi wisata. Semua serba ada. Trims infonya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tks mbak Dwi Arum sudah bersedia mampir di sini. Jadi nambah semangat nulis deh saya berkat dukungannya. Iya bener banget nih Jogja makin menggeliat nih untuk urusan wisata.. Bangga deh jadi penghuninya.. irit juga..deket soalnya hehe

      Hapus
  3. Mauuu ke sana. Kapan yaaa. Belum pernah ajak anak2 ke hutan pinus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk mbak Emmy Herlina ajakin anak-anak main ke sini.. asyik deh pokoknya tempatnya..

      Hapus
  4. Wahhh... Kapan saya bisa jalan-jalan kesitu mbak...? Keren tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak Septarini..makasih udah mampir di sini.. ayo ke sana bareng saya? kapan?

      Hapus
  5. Sayangnya jauh dari malang ya mbak. Coba deket pasti saya kunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Eny Rahayu makasih ya udah mampir di sini.. seneng deh.. Ayo agendakan main ke sini. Sekalian berlibur ke Jogja..ke beberapa tempat wisata sekaligus hehehe..

      Hapus
  6. Wah asik tempatnya. Semoga bs berkesempatan jalan2 kesana ya mbak :)

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts