Membuat Sendiri Donat (Kue Kesukaan Keluarga)

Setiap keluarga pasti mempunyai makanan kesukaan, entah berupa kue, lauk, sayur, atau minuman. Saat ini aku ingin bercerita tentang kue kesukaan keluargaku, yaitu donat. Kue ini sangat kami sukai karena rasanya yang gurih berpadu dengan manis, serta bentuknya yang praktis, sangat pas disantap kapan dan di mana saja. Donat dari berbagai merek sudah kami coba, baik yang dijual di Mal maupun kaki lima.

Pada suatu hari Minggu, ketika membaca surat kabar, mataku tertarik dengan resep kue donat yang tertulis di salah satu halamannya. Tanpa pikir panjang langsung aku catat dan praktikkan resep tersebut. Ternyata sangat mudah membuat kue donat. Aku beserta keluarga merasa senang dan puas. Yang ingin mencoba membuat juga, berikut ini caranya:

1.    Pertama-tama, buat biangnya dahulu dengan cara mencampur tepung terigu (100 gram), air hangat (150 cc), gula pasir (2 sendok teh), dan fermipan (1 bungkus). Setelah adonan biang tercampur lalu dijemur sekitar 10 menit hingga berbuih.

2.   Lalu, masukkan ke dalam adonan biang, berturut-turut mulai dari tepung terigu(500 gram), gula pasir(100 gram), susu bubuk(100 gram), telur(4 butir), margarine(100 gram). Adonan dicampur dan diuleni sampai kalis.

3.      Kemudian, bulatkan adonan, dan ditutup dengan kain basah. (diamkan 60 menit)

4.      Setelah adonan mengembang, ambil dan lubangi tengahnya, diamkan lagi sekitar lima menit.

5.      Adonan tersebut lalu digoreng, dan donatpun siap disantap.

Setelah bisa membuat sendiri, tidak perlu repot membeli jika ingin menikmati kue kesukaan keluarga. Bagaimana dengan Anda? 

22 komentar:

  1. Donat keaukaan suami..kapan2 nyoba bikin ah

    BalasHapus
  2. Aku masih lebih suka beli mba, soale pada gak gt suka donat. Jadi berasa sayang aja kegedean effortnya, hihii...

    BalasHapus
  3. Wuiih...praktik bikin donat. Kalau saya mesti belajar step by step nih...

    BalasHapus
  4. Donuuuts! Jajanan yang paling gak bisa nolak nich Mbak Utami hehehhe. Thank you tipsnya, mau coba kapan-kapan :))

    BalasHapus
  5. Aku dulu suka banget bikin aneka kue dan roti sendiri. Sekarang nggak nutut lagi waktu dan tenagane mba. Hihihi.. kecuali pas lagi pengeeen banget baru nguplek di dapur. Ahh jadi kangen ngulenin lagi 😀

    BalasHapus
  6. kue donat...kue legendaris yang selalu disukai anak anak.tapi saya lebih suka donat yang gak banyak topping...paling hanya pakai meses atau keju atau hanya taburan gula halus

    BalasHapus
  7. Mbak..kalau saya bikin donat sering enggak ngembang ..hiks, Banteeet!
    Saya simpen resepnya ini ya..nanti dicoba :) Trimssss

    BalasHapus
  8. Hihihi. Donat memang kesukaan semua anggota keluarga ya mbak... Saya juga kadang bikin untuk anak. Kapan-kapan nyoba resep mbak utami ah..

    BalasHapus
  9. Asyik nih, langkah membuat donat. Makasih infonya

    BalasHapus
  10. Wah, sama, donat ini juga makanan kesukaan anak anak di rumah. Kalau saya bikin donat, yang kecil juga ikutan membuat, jadi makin variasi bentuk donatnya

    BalasHapus
  11. Izin save yah mbaaa hihihi kita penggemar donat nih sekeluarga :)

    BalasHapus
  12. Hahai, saya juga hobi banget bikin donat. Biasanya saya campur kentang atau labu kuning. Tapi saya pakai cara sederhana. Tanpa membuat biang dulu.

    BalasHapus
  13. Makasih resepnya mbak. Eksekusi aah

    BalasHapus
  14. Yummmy.. Donat kesukaan Musa anak saya Mbak Emmy. Kadang suka gak ngembang gitu kenapa yaa Mbak?

    BalasHapus
  15. Bikin donat..mau ah, contek resepnya ya Mbak. Anak-anak suka ini. Terima kasih:)

    BalasHapus
  16. Anakku suka banget donat, next mau cobain resepnya ah. Terima kasih untuk sharing resepnya ya mba :)

    BalasHapus
  17. Wiihh enyaakkk inih, kueh kesukaan anak-anak. Saya dulu suka bikin juga sendiri, tapi sekarang banyakan malesnya hihihi

    BalasHapus
  18. kesukaan keluarga ini mbaa hehehe

    BalasHapus
  19. Saya masih prefer beli mba, soale pada gak gt suka donat. Hehee

    BalasHapus
  20. Enak banget yah mbak bisa berkarya sendiri ddapur hihihi

    BalasHapus
  21. Bahannya mudah, tapi pengerjaannya butuh berjam-jam ya...
    Rasanya udah gak sabar ingin langsung makan hihihi

    BalasHapus
  22. Harus dicoba ini, suamiku penggemar donat banget mbak.

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts