Rekreasi,Yuk?


Jika membaca atau mendengar kata rekreasi, pikiran kita pasti langsung mengarah ke piknik atau berwisata. Padahal pengertian rekreasi ternyata bukan hanya ke arah itu saja, namun lebih luas. Rekreasi berasal dari bahasa Latin “re” dan “creare”, yang secara harfiah berarti membuat ulang. Jadi pengertiannya ialah sebuah kegiatan di luar pekerjaan yang dilakukan untuk menyegarkan kembali jasmani dan rohani seseorang. Tentu saja berupa kegiatan yang menyenangkan atau memuaskan yang biasanya dilakukan pada akhir pekan atau di waktu senggang.

      Kegiatan yang termasuk rekreasi banyak sekali, namun bisa dikelompokkan dalam empat jenis, yaitu:

1.      Piknik (berwisata)
Piknik atau liburan adalah bepergian ke suatu tempat entah itu hanya  dekat rumah di dalam kota, atau ke luar kota. Tujuannya adalah untuk relaksasi, bersenang-senang, dan memanjakan diri. Pada zaman now, banyak yang menjadikan liburan sebuah kebutuhan untuk melepas penat dan mengisi kembali energi yang terkuras setelah menjalankan pekerjaan sehari-hari yang melelahkan. Agar berjalan lancar, sebelum berangkat piknik, ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Tujuan piknik ke mana? Siapa saja yang akan berangkat? Kapan perginya? Dan lain sebagainya.

2.      Olahraga
Rekreasi olahraga ialah aktivitas indoor maupun outdoor yang menyenangkan dan mengandung unsur gerak positif, serta dilakukan di waktu luang. Tujuannya untuk:
a.       Pengisi waktu luang
b.      Pelepas lelah, rasa bosan, juga penat di badan
c.       Peroleh kesegaran jasmani dengan cara menyenangkan
d.      Peroleh kesenangan dengan cara olahraga
e.       menginspirasi pertumbuhan pikiran, tubuh, dan jiwa melalui kebugaran.
f.       Memperkenalkan bahwa olahraga itu menyenangkan
 Contohnya, antara lain: outbond, hiking, mendaki gunung, jogging, arung jeram, dan lain-lain.

3.      Permainan
Permainan merupakan salah satu aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau olahraga ringan. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama/berkelompok, dan ada tingkatannya berdasar umur. Ada permainan untuk anak, dewasa, dan ada pula untuk umum. Di lingkungan pedesaan atau perkampungan, masih terlihat permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara beramai-ramai di teras rumah, halaman, atau lapangan. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk-duduk/berdiri membentuk lingkaran, memainkan salah satu permainan tradisional dengan penuh keakraban. Adapun contoh permainan tradisional ialah, gobag sodor, petak umpet, jamuran. Di zaman now, anak-anak memiliki permainan yang modern, yaitu menggunakan peralatan yang canggih seperti telepon genggam atau komputer.


4.      Hobi
Kata Hobi merupakan kata serapan dari Hobby (Bahasa Inggris). Artinya adalah kegemaran atau kegiatan rekreasi yang dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi keinginan, mendapatkan kesenangan, dan menenangkan pikiran, yang dilakukan pada waktu luang. Misalnya, membaca buku, menulis, melukis, koleksi gantungan kunci, menonton bioskop, memancing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

      Dari uraian di atas, selain dengan berpiknik, ternyata rekreasi juga bisa dilakukan dengan berolahraga, melakukan permainan, dan penyaluran hobi. Kegiatan tersebut tidaklah harus pergi ke suatu tempat yang jauh dan dengan biaya mahal. Sangat bisa dilakukan di rumah atau sekitar tempat tinggal kita dengan biaya murah, bahkan tanpa biaya alias gratis. Intinya ialah berkegiatan positif yang menyenangkan dan bisa melupakan sejenak, kepenatan dan beban sehari-hari, serta dilakukan pada waktu senggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts