Mengenal Pohon Gayam dan Manfaatnya


Di halaman rumah mertua di dekat sumur, terdapat satu pohon gayam. Pohonnya tinggi besar, namun aku tidak tahu berapa usianya, yang jelas menurut keterangan Ibu Mertua, pohon itu sudah lama tumbuh di situ. Pada saat-saat tertentu buahnya sangat banyak tetapi hanya didiamkan berjatuhan begitu saja, padahal aku dengar buah tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan. Akhirnya, aku mencari tahu dari berbagai sumber tentang pohon gayam dan manfaatnya agar lebih mengenalnya.

Dari   http://tipspetani.blogspot.com/2017/10/mengenal-manfaat-buah-gayam-serta.html, dan http://fauziahmad357.blogspot.co.id, aku mengetahui beberapa info menarik tentang pohon gayam, yaitu:

11. Gayam merupakan tanaman asli Indonesia yang kemudian tersebar secara luas ke berbagai daerah tropis di kawasan Asia Pasifik.

22. Nama latin gayam adalah Inocarpus fagiferus

33. Biji buah gayam dilapisi kulit luar yang keras

44. Di Sulawesi dikenal dengan nama Angkaeng dan Bosua, sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut Otaheite Chesnut, Polynesian Chesnut, atau Tahiti Chesnut.

55. Gayam berbuah musiman, yaitu 2-3 kali dalam setahun.

66. Dijuluki sebagai Buah Gondoruwo karena pohonnya tinggi dan besar, serta hidup di dekat genangan air yang diyakini sebagai tempat tinggal gondoruwo.

77. Manfaat pohon dan buah gayam banyak, antara lain:

-                 - Kayu digunakan untuk pembuatan furniture, kayu bakar, dan arang.
Akibat kelebatan daunnya maka bisa dimanfaatkan sebagai pohon peneduh, penahan erosi, dan penyerap polutan udara.
- Akarnya yang kokoh sangat baik untuk penyimpan cadangan air dan pencegah tanah longsor.
- Buahnya bisa dimakan sebagai makanan ringan atau keripik.
- Buah gayam mengandung zat saponin yang berfungsi membersihkan kotoran dalam usus besar dan saluran pencernaan. Selain itu juga mengandung zat anti oksidan yang berguna untuk kekebalan tubuh, sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit. Unsur senyawa tanin juga terdapat dalam buah gayam. Fungsinya untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan.
- Rebusan daun gayam bisa dijadikan obat tradisional bagi yang menderita diare.


Setelah membaca dua blog yang menceritakan tentang pohon gayam, akhirnya aku tahu ternyata banyak sekali manfaat pohon dan buahnya. Jadi tidak sabar ingin segera ke rumah mertua, mengamati pohon, memetik, dan memanfaatkan buahnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts