Membuat Manisan Belimbing Wuluh




      Gara-gara punya pohon belimbing wuluh yang berbuah sangat lebat, akhirnya aku memutuskan mencoba membuat manisan. Pembuatan meliputi beberapa tahap dalam beberapa hari.


Air kapur sirih
Tahap 1 kumulai kemarin sore. Diawali dengan perendaman selama semalam, 1 sendok makan kapur sirih ke dalam 1,5 liter air (lihat foto).





Tahap 2 pagi sekitar jam 08.00 WIB, buah belimbing wuluh sebanyak 1,5kg kubersihkan lalu ditusuk-tusuk satu per satu dengan garpu, kemudian dipotong ujung-ujungnya memakai pisau. Setelah itu direndam ke dalam air kapur sirih tetapi hanya memakai air beningnya saja, endapannya dibuang. Simpan rendaman belimbing wuluh tersebut semalaman. (Hmm, lebih jelasnya bisa disaksikan dalam video ini, ya..)



Tahap 3, buah belimbing wuluh kucuci hingga benar-benar bersih, lalu ditiriskan. Setelah itu, aku campur dalam sebuah panci 500gr gula pasir, 3 batang kayu manis, 2 tangkai bunga belimbing wuluh untuk pewarna alami, sejumput garam, dengan 600ml air, dan dimasak hingga mendidih. Kemudian, setelah diangkat dari api, rebusan air gula tersebut didiamkan terlebih dahulu hingga hangat. Barulah buah belimbing wuluh dimasukkan, lalu disimpan ke dalam kulkas. Didiamkan semalaman. (Tahap ke-3 juga bisa dilihat di video ya..)




Tahap 4 
Tahap 4, yang kulakukan adalah membuka kulkas dan mengambil wadah berisi buah belimbing wuluh yang direndam dalam air gula, dan telah disimpan semalam. Buah aku angkat dari rendaman air gula, sedangkan air gula kurebus sambil diberi tambahan 250gr gula pasir. Diaduk-aduk dan didihkan, lalu diangkat dari api, dan diamkan hingga hangat. Setelah itu, buah belimbing wuluh dimasukkan kembali ke dalam larutan air gula, lalu simpan ke dalam kulkas.



Tahap 5, mengulangi proses di tahap sebelumnya secara persis. Yang intinya adalah memberikan tambahan gula pasir sebanyak 250gr ke dalam air rendaman buah belimbing wuluh, lalu menyimpan kembali ke dalam kulkas.




Tahap 5

Tahap 6 adalah tahap di mana proses pembuatan manisan belimbing wuluh basah telah selesai. Hore! Akhirnya, manisan dan sirup belimbing wuluh sudah siap dinikmati! Setelah aku coba, hm.. manisannya sungguh terasa sangat maniiis, ada rasa asemnya sedikit, dan segeer! Sedangkan sirupnya uenaaak segeeer deh!


Manisan dan Sirup Belimbing
Wuluh sudah jadi

 Note: Jika ingin dijadikan manisan belimbing wuluh kering, proses dilanjutkan dengan  penjemuran di bawah terik matahari selama beberapa hari.

1 komentar:

Recent

recentposts

Random

randomposts