Rujak Buah

Setiap antar jemput sekolah, saya selalu lewat jalan yang sama. Namun, pada suatu hari, di pinggir jalan, ada pemandangan yang tak biasa saya lihat. Terpampang tulisan yang mencolok berada di pinggir jalan. “Telah Buka! Rujak Aiqo Khas Purwokerto Asli Segar Fresh Dan Legit”. Sungguh informasi yang sangat menarik dan membuat saya ingin mencobanya. Beberapa kali saya lewat, tetapi niat untuk mencoba membeli rujak itu belum juga terlaksana.

Akhirnya, siang tadi, niat saya itu terwujud juga. Saya berhenti dan membeli rujak buah khas Purwokerto. Ketika saya tanya tentang dipilihnya nama Aiqo sebagai nama rujak, katanya itu nama keluarga.

Foto Utami Nilasari.Racikan bumbunya hampir sama dengan rujak buah pada umumnya, yaitu cabe rawit, terasi, garam, kacang tanah, dan gula jawa. Yang membuat khas dan berbeda sehingga rasa rujak menjadi mantap adalah adanya tambahan irisan buah pisang kluthuk mentah. Setelah bumbu rujak jadi, buah-buahan diiris tipis, lalu dicampur dengan diuleg bercampur dengan bumbu. Paduan rasa bermacam-macam buah dari asam, manis dengan pedasnya cabe, dan legitnya bumbu kacang, sungguh pas di lidah. Air yang berasal dari buah-buahan yang bercampur dengan bumbu sangat segar rasanya, cocok dinikmati di cuaca siang hari yang panas terik.

Saat ini, jika ingin menikmati makanan khas suatu daerah tidak harus datang langsung ke kotanya. Buktinya, saya bisa menikmati rujak buah khas Purwokerto di kota saya sendiri, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts