5 Tips Mengembangkan Hobi Menulis


Hobi adalah sesuatu yang kita lakukan dan mendatangkan kesenangan serta keasyikan tersendiri. Sering kita tidak sadar telah menghabiskan waktu berjam-jam saat menggelutinya. Hobi dimiliki oleh setiap orang. Ada yang mempunyai hobi membaca, menulis, menyanyi, berenang, jalan-jalan, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat menekuni hobi sangat banyak, antara lain: meredam stres, menyehatkan jiwa dan raga, menambah teman, sebagai ajang penemuan bakat, bahkan bisa menambah penghasilan. Mengingat manfaatnya yang banyak, maka sebaiknya hobi terus diasah dan dikembangkan.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan tips mengembangkan hobi, khususnya menulis . Ada 5 Tips, yaitu:

1.      Mulai Dari Nol
Dunia menulis terus bergerak maju, maka jika tertarik menekuninya mulailah semua dari NOL. Kosongkan kepala dan mulailah menulis. Lupakan hambatan dan terus menulis. Tetaplah menjadi nol agar selalu siap belajar untuk menyempurnakan langkah. Ini adalah nasehat yang saya ingat dari Indari Mastuti, pendiri komunitas IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis).


2.      Rutin dan Konsistensi
Agar hobi menulis makin terasah dan berkembang, harus rutin dan konsisten menulis. Usahakan setiap hari menulis dengan memasukkan agenda menulis pada jadwal harian kita, disesuaikan dengan kegiatan yang lain. Ingat selalu dengan 3 M, yaitu Menulis, Menulis, dan Menulis.


3.      Bergabung dengan Komunitas
Jika ingin menggeluti bidang menulis sangat dianjurkan bergabung dengan komunitas menulis. Berkumpul dengan teman dengan hobi yang sama akan semakin mendukung dan semangat melakukannya.


4.      Rajin Membaca
Rajin membaca adalah guru terbaik bagi calon penulis. Ini adalah latihan pertama kalinya jika ingin menjadi penulis.


5.      Menimba Ilmu
Foto Piet Genta.Selain rutin berlatih menulis dan rajin membaca, menimba ilmu yang berkaitan dengan kepenulisan juga sangat mendukung hobi menulis menjadi lebih terasah dan berkembang. Menimba ilmu bisa dilakukan dengan cara offline maupun online. Salah satu tempat belajar menulis secara online adalah di Joeragan Artikel.

Semoga tips di atas bermanfaat dan menginspirasi untuk mengembangkan hobi menulis Anda. Sedangkan bagi yang punya hobi berbeda atau tidak melakukan hobinya karena sibuk bekerja, marilah mulai lakukan hobi yang Anda senangi, dan kembangkan hobi itu. Darinya, Anda akan menemukan banyak manfaat.

2 komentar:

  1. Menulis adalah hobby, passion, sekaligus therapi jiwa yang positif sekali

    BalasHapus
  2. Hobi bisa dijadikan peluang yg menghasilkan termasuk menulis.

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts